Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"

إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم واله واصحابه واتباعه وإلى حضرة جميع مشايخنا ومعلمينا وإلى جميع مؤلفي الكتب التي تعلمناها وعلمناها خصوصا الي إمام الحرمين أبي المعالي الجويني مؤلف متن الورقات
الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
 
Kita akan lanjut pada kajian kitab Waroqot berikutnya. Kali ini kita akan membahas sekilas saja ttg prilaku Shohibus Syariah. Imam Haromain berkata:
الأفعال. فعل صاحب الشريعة لا يخلو إما أن يكون على وجه القربة والطاعة أو لا يكون.
"Prilaku Shohibus Syariah itu ada kalanya yang masuk kategori Qurbah dan Thoat, dan ada kalanya tidak"
Yang di maksud dg Shohibus Syariah di sini adalah Baginda Nabi Muhammad Saw. Jadi prilaku baginda Nabi itu yang sifatnya Tasyri' dan ada yang tidak.
 فإن كان على وجه القربة والطاعة فإن دل دليل على الاختصاص به يحمل على الاختصاص
  1. Jikalau memang prilaku beliau ini dalam rangka taqorrub dan toat kepada Allah, maka dilihat juga: Apakah prilaku tersebut itu Khususiyah bagi beliau atau tidak.
  2. Jika memang ternyata itu khususiyah bagi beliau, ya gak boleh di amalkan oleh umatnya. 
  3. Jikalau tidak khusus bagaimana? Jawaban pada alenia selanjutnya.
Contoh amaliah yang khusus bagi Nabi adalah pernikahan beliau yang lebih dr 4 wanita. Kita bisa mengetahui klo amaliah ini khusus bagi baginda Nabi, sebab adanya teks Qur'an yang menjelaskan bahwa menikah tidak boleh lebih dr 4 orang wanita (jadi klo 4 itu boleh saja, bukan sunnah juga..😃). Alloh berfirman:
فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثنى وثلاث ورباع
Dengan memahami pola prilaku baginda Nabi ini pula, saya memahami bahwa menikahi 1 wanita pun (tidak lebih) pun adalah ajaran baginda Nabi, sebab sepanjang hidupnya, baginda Nabi berprilaku monogomi, kecuali setelah sang istri tercinta Khadijah binti Khuwailid meninggal, barulah beliau berpraktek poligami. Wallahu A'lam bis showab.
 وإن لم يدل دليل، لا يختص به لأن الله تعالى قال: لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة. فيحمل على الوجوب عند بعض أصحابنا ومنهم من قال يتوقف فيه
Jika tidak ada dalil yang menunjukkan khususiyah bagi baginda Nabi, maka prilaku tersebut secara hukum juga menjadi acuan bagi umatnya. Sebab baginda Nabi ada Uswah hasanah (teladan baik) buat kaumnya, sebagaimana telah kami tuturkan ayat Qur'ane di atas.
Nah, kalau sudah menjadi teladan bagi umatnya, lalu bagaimana hukum umat mengikutinya? Ulama ada khilaf, apakah kemudian mengikuti prilaku Nabi yg bukan Khususiyah ini harus/gimana?
  1. Wajib bagi baginda Nabi dan umat nya. Alasannya adalah Ikhtiyath (hati2).
  2. Sunnah. Alasan utamanya adalah karena tuntutan ayat di atas yg penting ada pekerjaan. Dan paling minim dr sebuah tholab adalah nadbu. Bukan wajib, sbb klo wajib membutuhkan adanya jazm, dan itu menuntut dalil lain lagi. 
  3. Mauquf. Yakni bahwa tuntutan ini masuk dalam ranah mujmal, sehingga apakah itu wujub, sunnah atau hanya sekedar ibahah saja, ini membutuhkan ada dalil lain yg berposisi sebagai mubayyin (penjelas). Oleh karenanya di mauqufkan sampai ada Mubayyin.
 فإن كان على وجه غير وجه القربة والطاعة فيحمل على الإباحة
Jika prilaku itu tidak dalam rangka taqorrub dan toat, maka sifatnya hanya boleh saja. Gak sampai sunnah apalagi wajib. Seperti halnya makan, minum dst.
Sampai di sini dulu kajian ushul fiqh nya. Saya ingin nitip bahasan utk di analisa secara ushul fiqh sebagaimana kaidah di atas.
  • Bagaimana dengan pakaian jubah, Gamis dan semisal surban, itu masuk dalam ranah Fi'lu Rosul yang mana dan bagaimana natijah analisanya.
Suwun