BAB LI’AN & QADZAF (MENUDUH ZINA)

BAB LI’AN & QADZAF (MENUDUH ZINA)
(Fasal) menjelaskan hukum qadzaf dan li’an.
‏( ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﻓِﻲْ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡِ ﺍﻟْﻘَﺬَﻑِ ﻭَﺍﻟﻠِّﻌَﺎﻥِ
Secara bahasa, li’an adalah bentuk kalimat masdar yang diambil dari lafadz “al la’nu” yang berati jauh.
ﻭَﻫُﻮَ ﻟُﻐَﺔً ﻣَﺼْﺪَﺭٌ ﻣَﺄْﺧُﻮْﺫٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻌْﻦِ ﺃَﻱِ ﺍﻟْﺒُﻌْﺪِ
Dan secara syara’ adalah beberapa kalimat tertentu yang dijadikan sebagai
hujjah bagi orang yang terpaksa menuduh zina terhadap orang yang telah menodahi kehormatannya dan mempertemukan cacat padanya.
ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﻛَﻠِﻤَﺎﺕٌ ﻣَﺨْﺼُﻮْﺻَﺔٌ ﺟُﻌِﻠَﺖْ ﺣُﺠَّﺔً ﻟِﻠْﻤُﻀْﻄَﺮِ ﺇِﻟَﻰ ﻗَﺬَﻑِ ﻣَﻦْ ﻟَﻄَﺦَ ﻓِﺮَﺍﺷَﻪُ ﻭَ ﺃَﻟْﺤَﻖَ ﺍﻟْﻌَﺎﺭَ ﺑِﻪِ
Ketika seorang laki-laki menuduh zina terhadap istrinya, maka wajib baginya untuk menerima had qadzaf, dan akan dijelaskan bahwa sesungguhnya had qadzaf adalah delapan kali cambukan.
‏( ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺭَﻣَﻰ ‏) ﺃَﻱْ ﻗَﺬَﻑَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺯَﻭْﺟَﺘَﻪُ ﺑِﺎﻟﺰِّﻧَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺣَﺪُّ ﺍﻟْﻘَﺬَﻑِ ‏) ﻭَﺳَﻴَﺄْﺗِﻲْ ﺃَﻧَّﻪُ ﺛَﻤَﺎﻧُﻮْﻥَ ﺟَﻠْﺪَﺓً
Kecuali lelaki yang menuduh zina tersebut mampu mendatangkan saksi atas perbuatan zina wanita yang ia tuduh.
‏( ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳُﻘِﻴْﻢَ ‏) ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺍﻟْﻘَﺎﺫِﻑُ ‏( ﺍﻟْﺒَﻴِّﻨَﺔَ ‏) ﺑِﺰِﻧَﺎ ﺍﻟْﻤَﻘْﺬُﻭْﻓَﺔِ
Atau lelaki tersebut melakukan sumpah li’an terhadap istrinya yang ia tuduh berzina.
‏( ﺃَﻭْ ﻳُﻠَﺎﻋِﻦَ ‏) ﺯَﻭْﺟَﺘَﻪُ ﺍﻟْﻤَﻘْﺬُﻭْﻓَﺔَ
Dalam sebagian redaksi menggunakan bahasa, “atau ia berkenan melakukan sumpah li’an dengan perintah seorang hakim atau orang yang hukumnya sama dengan hakim seperti
muhakkam (orang yang diminta untuk menjadi juru hukum).
ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﺃَﻭْ ﻳَﻠْﺘَﻌِﻦُ ﺑِﺄَﻣْﺮِ ﺍﻟْﺤَﺎﻛِﻢِ ﺃَﻭْ ﻣَﻦْ ﻓِﻲْ ﺣُﻜْﻤِﻪِ ﻛَﺎﻟْﻤُﺤَﻜَّﻢِ
Proses Li’an
Kemudian lelaki tersebut berkata di hadapan hakim di masjid jami’ di atas mimbar di hadapan sekelompok orang minimal empat orang,
“aku bersaksi demi Allah bahwa sesungguhnya aku termasuk golongan yang jujur atas tuduhan zina yang telah aku tuduhkan terhadap istriku, fulanah yang sedang tidak berada di sini.”
‏( ﻓَﻴَﻘُﻮْﻝُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﺤَﺎﻛِﻢِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺠَﺎﻣِﻊِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤِﻨْﺒَﺮِ ﻓِﻲْ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ‏) ﺃَﻗَﻠُّﻬُﻢْ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔٌ ‏( ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺃَﻧَّﻨِﻲْ ﻟَﻤِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺎﺩِﻗِﻴْﻦَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺭَﻣَﻴْﺖُ ﺑِﻪِ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ‏) ﺍﻟْﻐَﺎﺋِﺒَﺔَ ‏( ﻓُﻠَﺎﻧَﺔً ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ ‏)
Jika sang istri juga berada di tempat, maka lelaki itu memberi isyarah pada istrinya dengan ucapan, “istriku ini.”
ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺣَﺎﺿِﺮَﺓً ﺃَﺷَﺎﺭَ ﻟَﻬَﺎ ﺑِﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻫَﺬِﻩِ
Jika di sana terdapat anak yang ia putus
dari nasabnya, maka iapun harus menyebutkan anak tersebut di dalam kalimat-kalimat sumpah li’an itu, maka ia berkata,
ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻫُﻨَﺎﻙَ ﻭَﻟَﺪٌ ﻳَﻨْﻔِﻴْﻪِ ﺫَﻛَﺮَﻩُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﻓَﻴَﻘُﻮْﻝُ :
“dan sesungguhnya anak ini hasil dari zina, bukan dari saya.”
‏( ﻭَﺇِﻥَّ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻮَﻟَﺪَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﻣِﻨِّﻲْ ‏)
Lelaki yang sumpah li’an tersebut harus mengucapkan kalimat-kalimat ini sebanyak empat kali.
ﻭَﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻦُ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ‏( ﺃَﺭْﺑَﻊَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ
Dan pada tahapan kelima, setelah hakim atau muhakkam menasihatinya dengan memperingatkannya atas siksaan Allah di akhirat dan sesungguhnya siksa Allah di akhirat jauh lebih pedih daripada siksa di dunia, maka sang suami mengatakan, “dan saya berhak mendapatkan laknat Allah swt jika saya termasuk orang-orang yang bohong atas tuduhan zina yang saya tuduhkan pada istriku ini.”
ﻭَﻳَﻘُﻮْﻝُ ﻓِﻲْ ‏) ﺍﻟْﻤَﺮَّﺓِ ‏( ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺴَﺔِ ﺑَﻌْﺪَ ﺃَﻥْ ﻳَﻌِﻈَﻪُ ﺍﻟْﺤَﺎﻛِﻢُ ‏) ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻤُﺤَﻜَّﻢُ ﺑِﺘَﺨْﻮِﻳْﻔِﻪِ ﻟَﻪُ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﺃَﺷَﺪُّ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ‏( ﻭَﻋَﻠَﻲَّ ﻟَﻌْﻨَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺖُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻜَﺎﺫِﺑِﻴْﻦَ ‏) ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺭَﻣَﻴْﺖُ ﺑِﻪِ ﻫَﺬِﻩِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ
Dan ungkapan mushannif, “di atas mimbar di hadapan jama’ah” adalah sesuatu yang tidak wajib dilakukan di dalam li’an bahkan hal itu hukumnya adalah sunnah.
ﻭَﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤِﻨْﺒَﺮِ ﻓِﻲْ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻮَﺍﺟِﺐٍ ﻓِﻲْ ﺍﻟﻠِّﻌَﺎﻥِ ﺑَﻞْ ﻫُﻮَ ﺳُﻨَّﺔٌ .
Konsekwensi Li’an
Li’an yang dilakukan oleh seorang suami walaupun sang istri tidak melakukan sumpah li’an, berhubungan dengan lima hukum :
‏( ﻭَﻳَﺘَﻌَﻠَّﻖُ ﺑِﻠِﻌَﺎﻧِﻪِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗُﻠَﺎﻋِﻦِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔُ ‏( ﺧَﻤْﺴَﺔُ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡٍ : ‏)
Yang pertama, gugurnya had dari sang suami maksudnya had qadzaf yang dimiliki oleh istri yang dili’an, jika memang sang istri adalah wanita yang muhshan (terjaga), dan gugurnya ta’zir jika sang istri bukan wanita yang
muhshan.
ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ‏( ﺳُﻘُﻮْﻁُ ﺍﻟْﺤَﺪِّ ‏) ﺃَﻱْ ﺣَﺪِّ ﺍﻟْﻘَﺬَﻑِ ﻟِﻠْﻤُﻠَﺎﻋِﻨَﺔِ ‏( ﻋَﻨْﻪُ ‏) ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻣُﺤْﺼَﻨَﺔً ﻭَﺳُﻘُﻮْﻁُ ﺍﻟﺘَّﻌْﺰِﻳْﺮِ ﻋَﻨْﻪُ ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻏَﻴْﺮَ ﻣُﺤْﺼَﻨَﺔٍ
Yang kedua, tetapnya hukum had atas sang istri, maksudnya had zina baginya, baik ia wanita muslim ataupun kafir jika ia tidak melakukan sumpah li’an.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ‏( ﻭُﺟُﻮْﺏُ ﺍﻟْﺤَﺪِّ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ‏) ﺃَﻱْ ﺣَﺪِّ ﺯِﻧَﺎﻫَﺎ ﻣُﺴْﻠِﻤَﺔً ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃَﻭْ ﻛَﺎﻓِﺮَﺓً ﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗُﻠَﺎﻋِﻦْ
Yang ketiga, hilangnya hubungan suami istri.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ‏( ﺯَﻭَﺍﻝُ ﺍﻟْﻔِﺮَﺍﺵِ ‏)
Selain mushannif mengungkapkan hal ini dengan bahasa
“perceraian untuk selama-lamanya” . Perceraian tersebut hukumnya sah / hasil dhahir batin, walaupun sang suami yang melakukan sumpah li’an tersebut mendustakan dirinya.
ﻭَﻋَﺒَّﺮَ ﻋَﻨْﻪُ ﻏَﻴْﺮُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒِ ﺑِﺎﻟْﻔُﺮْﻗَﺔِ ﺍﻟْﻤُﺆَﺑَّﺪَﺓِ ﻭَﻫِﻲَ ﺣَﺎﺻِﻠَﺔٌ ﻇَﺎﻫِﺮًﺍ ﻭَﺑَﺎﻃِﻨًﺎ ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺬَّﺏَ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻦُ ﻧَﻔْﺴَﻪُ
Yang ke empat, memutus hubungan anak dari suami yang melakukan sumpah li’an.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ‏( ﻧَﻔْﻲُ ﺍﻟْﻮَﻟَﺪِ ‏) ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻦِ
Sedangkan untuk istri yang melakukan sumpah li’an, maka nasab sang anak tidak bisa terputus dari dirinya.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻨَﺔُ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﻨْﺘَﻔِﻲْ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﻧَﺴَﺐُ ﺍﻟْﻮَﻟَﺪِ
Yang kelima, mengharamkan sang istri yang melakukan sumpah li’an untuk selama-lamanya.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ﺍﻟﺘَّﺤْﺮِﻳْﻢُ ‏) ﻟِﻠﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻨَﺔُ ‏( ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺑَﺪِ ‏)
Sehingga bagi lelaki yang melakukan sumpah li’an tidak halal menikahinya lagi dan juga tidak halal mewathinya dengan alasan milku yamin , walaupun wanita tersebut berstatus budak yang ia beli.
ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺤِﻞُّ ﻟِﻠْﻤُﻠَﺎﻋِﻦِ ﻧِﻜَﺎﺣُﻬَﺎ ﻭَﻟَﺎ ﻭَﻃْﺆُﻫَﺎ ﺑِﻤِﻠْﻚِ ﺍﻟْﻴَﻤِﻴْﻦِ ﻭَ ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃَﻣَّﺔً ﻭَﺍﺷْﺘَﺮَﺍﻫَﺎ
Di dalam kitab-kitab yang panjang penjelasannya terdapat keterangan tambahan atas kelima hal ini.
ﻭَﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤُﻄَﻮَّﻟَﺎﺕِ ﺯِﻳَﺎﺩَﺓٌ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺨَﻤْﺴَﺔِ
Di antaranya adalah gugurnya status
muhshan sang wanita bagi sang suami jika memang sang wanita tidak melakukan sumpah li’an juga.
ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺳُﻘُﻮْﻁُ ﺣَﺼَﺎﻧَﺘِﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﺣَﻖِّ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗُﻠَﺎﻋِﻦْ
Sehingga, seandainya setelah itu sang suami menuduhnya berbuat zina lagi, maka sang suami tidak berhak dihad.
ﺣَﺘَّﻰ ﻟَﻮْ ﻗَﺬَﻓَﻬَﺎ ﺑِﺰِﻧَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺫَﻟِﻚَ ﻟَﺎ ﻳُﺤَﺪُّ
Li’annya Sang Istri
Had zina bisa gugur dari sang istri dengan cara ia membalas sumpah li’an, maksudnya melakukan sumpah li’an terhadap sang suami setelah li’an sang suami sempurna.
‏( ﻭَﻳَﺴْﻘُﻂُ ‏) ﺍﻟْﺤَﺪُّ ‏( ﻋَﻨْﻬَﺎ ﺑِﺄَﻥْ ﺗَﻠْﺘَﻌِﻦَ ‏) ﺃَﻱْ ﺗُﻠَﺎﻋِﻦَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝَ ﺑَﻌْﺪَ ﺗَﻤَﺎﻡِ ﻟِﻌَﺎﻧِﻪِ
Di dalam li’annya dan sang suami hadir, maka sang istri berkata, “saya bersaksi demi Allah bahwa sesungguhnya fulan ini sungguh termasuk dari orang-orang yang dusta atas tuduhan zina yang ia tuduhkan padaku.”
‏( ﻓَﺘَﻘُﻮْﻝُ ‏) ﻓِﻲْ ﻟِﻌَﺎﻧِﻬَﺎ ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻦُ ﺣَﺎﺿِﺮًﺍ ‏( ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺃَﻥَّ ﻓُﻠَﺎﻧًﺎ ﻫَﺬَﺍ ﻟَﻤِﻦَ ﺍﻟْﻜَﺎﺫِﺑِﻴْﻦَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺭَﻣَﺎﻧِﻲْ ﺑِﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ ‏)
Wanita tersebut mengulangi ucapannya ini sebanyak empat kali.
ﻭَﺗُﻜَﺮِّﺭُ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻨَﺔُ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻜَﻠَﺎﻡَ ‏( ﺃَﺭْﺑَﻊَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ
Pada tahapan kelima dari li’annya setelah hakim atau
muhakkam menasihatinya dengan memperingatkan padanya akan siksaan Allah Swt di akhirat dan sesungguhnya siksa-Nya di akhirat jauh lebih pedih daripada siksaan di dunia, maka wanita tersebut berkata, “dan saya berhak mendapat murka Allah Swt jika dia termasuk orang-orang yang jujur atas tuduhan zina yang ia tuduhkan padaku.”
ﻭَﺗَﻘُﻮْﻝُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤَﺮَّﺓِ ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺴَﺔِ ‏) ﻣِﻦْ ﻟِﻌَﺎﻧِﻬَﺎ ‏( ﺑَﻌْﺪَ ﺃَﻥْ ﻳَﻌِﻈَﻬَﺎ ﺍﻟْﺤَﺎﻛِﻢُ ‏) ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻤُﺤَﻜَّﻢُ ﺑِﺘَﺨْﻮِﻳْﻔِﻪِ ﻟَﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﻠﻪ ِﻓِﻲْ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﺃَﺷَﺪُّ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ‏( ﻭَﻋَﻠَﻲَّ ﻏَﻀَﺐُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺎﺩِﻗِﻴْﻦَ ‏) ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺭَﻣَﺎﻧِﻲْ ﺑِﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ
Perkataan yang telah dijelaskan di atas tempatnya adalah bagi orang yang bisa bicara.
ﻭَﻣَﺎ ﺫُﻛِﺮَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘَﻮْﻝِ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮْﺭِ ﻣَﺤَﻠُّﻪُ ﻓِﻲْ ﺍﻟﻨَّﺎﻃِﻖِ
Adapun orang bisu, maka ia melakukan sumpah li’an dengan menggunakan isyarah yang bisa memahamkan orang lain.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﺄَﺧْﺮَﺱُ ﻓَﻴُﻠَﺎﻋِﻦُ ﺑِﺈِﺷَﺎﺭَﺓٍ ﻣُﻔْﻬِﻤَﺔٍ
Seandainya di dalam kalimat-kalimat li’an tersebut, ia mengganti lafadz “asy sahadah” dengan lafadz “al halfu” seperti ucapan orang yang melakukan sumpah li’an, “saya bersumpah demi Allah”, atau mengganti lafadz “al ghadlab” dengan lafadz “al la’nu”, atau sebaliknya seperti ucapan wanita yang melakukan sumpah li’an, “laknat Allah wajib atas diriku” dan ucapan lelaki yang sumpah li’an, “murka Allah atas diriku”, atau masing-masing dari lafadz “al ghadlab” dan “al la’nu” diucapkan sebelum empat kalimat sahadat sempurna, maka li’an dalam semua permasalahan ini tidak sah.
ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﺑْﺪَﻝَ ﻓِﻲْ ﻛَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟﻠِّﻌَﺎﻥِ ﻟَﻔْﻆَ ﺍﻟﺸَّﻬَﺎﺩَﺓِ ﺑِﺎﻟْﺤَﻠْﻒِ ﻛَﻘَﻮْﻝِ ﺍﻟْﻤُﻠَﺎﻋِﻦِ ﺃَﺣْﻠِﻒُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺃَﻭْ ﻟَﻔْﻆَ ﺍﻟْﻐَﻀَﺐِ ﺑِﺎﻟﻠَّﻌْﻦِ ﺃَﻭْ ﻋَﻜْﺴِﻪِ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻬَﺎ ﻟَﻌْﻨَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﻠَﻲَّ ﻭَﻗَﻮْﻟِﻪِ ﻏَﻀَﺐُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﻠَﻲَّ ﺃَﻭْ ﺫُﻛِﺮَ ﻛُﻞٌّ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻐَﻀَﺐِ ﻭَﺍﻟﻠَّﻌْﻦِ ﻗَﺒْﻞَ ﺗَﻤَﺎﻡِ ﺍﻟﺸَّﻬَﺎﺩَﺍﺕِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻊِ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺠَﻤِﻴْﻊِ .
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)